Mimbartimur.com –  Indonesia kembali merilis hasil terbaru yang menempatkan sebagai bakal calon presiden dengan elektabilitas tertinggi dari dan Anies Baswedan pada mendatang.

Survei tersebut dilakukan sejak 9 – 15 April 2023. Dalam simulasi survei Poltracking menggunakan 20 nama tokoh publik dengan hasil, Ketum DPP Partai Gerindra Prabowo Subianto menempati posisi teratas.

Direktur Eksekutif Poltracking Indonesia,  Hanta Yuda Ar mengatakan dalam temuan pokok dan analisis hasil survei terdapat tiga nama yang unggul dalam peta elektoral.

“Elektabilitas yang diperoleh Prabowo Subianto diangka 33.0 persen, Ganjar Pranowo 31.1 persen, dan Anies Baswedan 22.4 persen”, kata Hanta dalam konferensi persnya. Sabtu (29/4/23).

Menurutnya, Prabowo memperoleh angka tertinggi dari Ganjar Pranowo dan Anies Baswedan berdasarkan pergerakan tren yang terus mengalami perubahan.

“Posisi dari ketiga Capres ini sangat dinamis dan kompetitif, mengingat pergerakan tren ketiganya sangat fluktuatif, terutama Prabowo Subianto”, pungkasnya

Hanta Yuda Ar menjelaskan klaster survei ini menjangkau 34 provinsi secara proporsional berdasarkan data jumlah populasi pemilih terakhir. Pengambilan data terbaru pada April dilakukan pada tanggal 9-15 April 2023.

-- --

“Mengenai pergeseran peta elektoral calon presiden sampai saat ini hanya terdapat tiga nama Capres kuat yang kompetitif secara elektabilitas”, jelas Hanta.

Lebih lanjut, kata Hanta, dengan adanya perubahan posisi yang sangat dinamis dan kompetitif berpengaruh pada posisi elektabilitas baik Prabowo Subianto (33.0%) juga Ganjar Pranowo (31.1%).

Haerudin Muhammad
Editor
Mimbar Timur
Publikasi