mimbarTravel – , salah satu rekomendasi gunung pendakian yang terbilang singkat dengan perkiraan waktu yang dibutuhkan sekitar 4 – 5 jam untuk mencapai puncak dari Pos Vulkanologi.

Dari titik pandang kurang lebih 1.330 mdpl, Trimbar's bakal disuguhkan dengan keindahan alam Gunung Gamkonora bila berada di ujung utara celah yang menghadap ke danau kecil. Jika berada di kejauhan kawah tampak dinding yang menjulang tinggi disetiap sisinya.

Kawah tersebut berada di lembah dengan bentuk unik yakni huruf ‘U' diantara dua tembok yang tinggi di sisi timur dan barat. Dari sudut pandang di ujung utara celah, Trimbar's dapat melihat ke danau kecil dan lebih jauh lagi ke kawah, yang mengeluarkan awan asap besar setiap 40 menit atau lebih.

Pendakian singkat sekitar 200 ms di sisi timur akan membawa Trimbar's menuju sensor vulkanologi dan dua bukit kecil di belakangnya hingga ke puncak. Pendakian dimulai tepat di atas permukaan laut dan melewati perkebunan kelapa, pala, dan cengkeh sebelum memasuki hutan yang didominasi pohon pandan di bagian paling atas gunung.

Gunung Gamkonora terletak di , , Maluku Utara. Gunung ini disebut paling tertinggi di , dalam sejarah kelamnya pernah terjadi letusan dasyat yang mengakibatkan kawah yang memanjang dari utara sampai ke selatan.

Selain itu, Gamkonora juga dikenal sebagai salah satu dari 120 gunung berapi aktif di Indonesia yang termasuk bagian dari ‘Cincin Api' Asia-Pasifik. Gunung ini tercatat meletus pertama pada abad ke-16 dengan letusan eksplosif baik skala kecil maupun sedang.

Sementara letusan terbesarnya terjadi sejak 1673 yang mengakibatkan terjadinya tsunami hingga menerjang sejumlah desa di Pulau Halmahera. Pusat letusan terjadi di selatan berdampak serangkaian kawah puncak menjadi memanjang di sepanjang celah berarah selatan-utara.

-- --

Selain itu, Gamkonora terletak tepat di tengah tengah antara lima gunung api yang berada di Kabupaten Halmahera Barat. Jika berada di puncak, akan disuguhkan pemandangan indah dari jarak 360 derajat yang sangat menakjubkan sepanjang utara pantai barat Halmahera.

Dari jarak itu tampak banyak pulau lepas pantai yang berada di utara gunung Ibu yang tak begitu jauh. Di timur laut hingga Gunung Dukono yang terletakan di belakang wilayah dari jarak jaruh dan di timur hingga tenggara dan daratan tinggi.

Ariana Aira
Editor
Mimbar Timur
Publikasi