Mimbartimur.com  menggelar Nasional Berbasis Komputer () dengan melibatkan ratusan peserta.

Kegiatan ini melibatkan 25 Lembaga Pusat Kegiatan Belajar (PKBM) yang berlangsung di ruang praktek siswa, teknik komputer dan jaringan SMK Misbahul Aulud Labuha.

“Diikuti 260 siswa yang dibagi dalam tiga sesi. Ini dilakukan selama dua hari sejak 2-3 September 2023, kegiatan ini sukses”, kata Kadis Pendidikan Halmahera Selatan Safiun Radjulan saat ditemui diruang kerjanya pada Senin (04/09/23).

Menurutnya, pelaksanaan ANBK ini sesuai misi pemerintah Indonesia yang telah gencar melakukan perbaikan dan evaluasi pendidikan dengan cara pemetaan mutu melalui program asesmen nasional.

“Pemetaan dilakukan dari jenjang pendidikan dasar hingga menengah menggunakan instrumen berupa asesmen kompetensi minimum, survei karakter, dan survei lingkungan belajar', jelasnya

Perlu diketahui, ANBK merupakan program yang dirancang untuk menilai mutu tiap satuan pendidikan seperti sekolah, Madrasah atau kesetaraan pada jenjang dasar dan menengah.

Safiun menjelaskan pelaksanaan ANBK menggunakan moda tes dengan pilihan moda daring (online) dan semi daring sesuai ketersediaan sarana dan prasarana di sekolah masing-masing.

-- --

“ANBK memiliki prosedur operasional standar asesmen nasional yang ditetapkan oleh Kepala Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan”, jelasnya.

Lebih lanjut, Plt Sekda Halmahera Selatan itu meminta setiap seluruh lembaga untuk proaktif dalam memperhatikan peserta didiknya dalam proses pembelajara.

Safrillah
Editor
Mimbar Timur
Publikasi