Mimbartimur.com – Komando Distrik Militer (Kodim) 1501/Ternate kembali melakukan pembersihan untuk menciptakan lingkungan yang bersih dan sehat bagi masyarakat. Kegiatan tersebut merupakan program ‘' yang difokuskan pada pembersihan sungai serta pasar.

Dandim 1501/Ternate Letkol Arm Adietya Yuni Nurtono menyampaikan bahwa ‘Karya Bhakti' dilakukan selaras dengan instruksi Kepala Staf Angkatan Darat (KASAD) Jenderal Maruli Simanjuntak untuk hadir di tengah-tengah masyarakat dalam segala kondisi, termasuk menghadapi ancaman banjir yang kerap terjadi di Kota Ternate.

“Kegiatan Karya Bhakti ini merupakan bukti nyata dari komitmen TNI dalam membantu masyarakat serta menjaga kebersihan juga kesehatan lingkungan. Semoga kegiatan serupa terus dapat dilakukan dan menjadi contoh bagi masyarakat lainnya”, kata Arm Adiety dalam apel ‘Karya Bhakti', Jumat (8/12/23).

Perlu diketahui, di wilayah teritorial itu melaksanakan perintah dipusatkan di Kelurahan Makassar Timur, Kecamatan Ternate Tengah, Kota Ternate dengan melibatkan unsur masyarakat setempat.

“Sinergi dan kebersamaan selalu menjadi kunci dalam menjaga keamanan dan kesejahteraan masyarakat. Melalui ‘Karya Bhakti' yang dilakukan Korem dan Kodim, TNI AD hadir untuk rakyat dan berkontribusi dalam mengantisipasi banjir di wilayah Kota Ternate”, pungkasnya.

“Masyarakat setempat juga turut berpartisipasi aktif. Melalui sinergi dari TNI, , Pemkot Ternate dan komponen masyarakat. Hal ini juga menjadi ajang untuk saling mengenal satu sama lain, mempererat tali persaudaraan, serta meningkatkan rasa kepedulian dan empati terhadap sesama”, imbuh Letkol Arm Adietya Yuni Nurtono .

Sementara sejumlah warga yang ditemui media ini menyampaikan apresiasi program Kodim 1501/Ternate terkait pembersihan kota, terutama sungai dan pasar. Warga berharap kegiatan positif ini mampu memberikan edukasi bagi masyarakat umum.

-- --

“Kegiatannya sangat positif, tentu ini memberikan edukasi bagi masyarakat pentingnya kebersihan lingkungan. Semoga warga, terutama disekitar sungai bisa mengelola sampahnya dengan baik, membuang sampah pada tempatnya. Jadi bukan di sungai”, ujar Sarnia saat ditemui dilapaknya di Barito Gamalama, Jumat (8/12/).

Warga lain, Sumitro mengatakan kebersihan lingkungan sangat penting bagi kesehatan masyarakat. Melalui program TNI ini sangat berdampak positif bagi masyarakat, ia berharap TNI dan masyarakat terus bersinergi di berbagai program demi terciptanya kota Ternate yang bersih dan sehat.

Azzahra
Editor
Mimbar Timur
Publikasi