Mimbartimurcom  (DKP) Halmahera Selatan menggelar . Event tahunan ini digelar di kawasan UMKM Milenial, Desa Tembal, Kecamatan Bacan Selaran pada Selasa (25/06).

Festival yang digelar DKP ini diikuti 249 desa dari 30 kecamatan di Halmahera Selatan. Dalam kegiatan tersebut, peserta menyajikan olahan sebagai menu perlombaan untuk merebut kejuaraan sesuai penilaian dewan juri.

Kepala , Yusup Untung mengatakan festival yang digelar pihaknya sebagai event tahunan yang dicanangkan untuk menyambut peringatan ‘Hari Tuna Nasional' pada 24 September 2024 mendatang.

“Kegiatan ini disiapkan dengan sangat matang sehingga peserta yang mengikuti setiap mata lombok mampu mengekspresikan keahliannya memasak, terutama dalam mengolah daging ikan tuna menjadi makanan khas yang enak', kata Yusup saat ditemui mimbartimurcom.

Yusup menjelaskan, peserta yang mengikuti Festival Makan Ikan disediakan masing-masing stand dengan peralatan masak yang lengkap. Menurutnya, memasak tidak hanya menjadi salah satu kebiasaan, numun harus ada teknik khusus yang harus dikuasi untuk menghasilkan olahan yang maksimal.

“Jadi bukan sekedar tahu masak, tapi memasak ikan tuna juga mungkin perlu teknik khusus agar daging ikan tuna yang diolah dalam berbagai menu bisa menjadi ciri khasnya sendiri. Tapi itu semua nantinya di nilai oleh juri”, pungkasnya.

Sementara, menyampaikan pihaknya mengapresiasi kegiatan yang digelar oleh dinas keluatan dan perikanan. Bassam menyebut event yang digelar ini dapat memberikan dampak besar terhadap potensi daerah dalam mempromosikan olahn ikan tuna.

-- --

“Tentu ini sangat positif, satu jenis daging ikan bisa diolah menjadi puluhan hingga ratusan menu ini menjadi potensi besar dalam mengembangkan UMKM salah satunya”, kata Bassam kepada mimbartimurcom usai membuka festival di halaman UMKM Millenial.

Bassam menuturkan, Halmahera Selatan menjadi salah satu sektor perikanan yang strategis karena memiliki potensi yang berlimpah. Ia meminta peningkatan sumber daya perikanan dapat meningkatkan pendapatan daerah dengan berbagai programnya.

Ariana Aira
Editor
Mimbar Timur
Publikasi