Mimbartimur.com – Pemda Halmahera menggelar apel peringatan hari lingkungan hidup sedunia di terminal Dinas Perhubungan. Apel tersebut dipimpin langsung oleh pada Rabu (05/06).

“Sesuai penetapan , hari ini tepat 5 Juni sebagai Hari Lingkungan Hidup Sedunia melalui Konfrensi Bangsa-Bangsa sejak 1972 di Stockholin dan Swedia”, ujar Safiun saat membacakan sambutan dalam apel siaga.

Safiun menjelaskan tema peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia yang diusung UN Environment Program () bertajuk “Our Land, Our Future, Generation Restoration” yang fokus terhadap kegiatan pemulihan lahan, pengendalian desertifikasi, dan ketahanan dalam kekeringan.

“Restorasi lahan, penggurunan serta ketahanan terhadap kekeringan menjadi tajuk utama UNEP. Dengan slogan ‘Tanah Kita. Masa depan kita. Kami adalah #GenerasiRestorasi', hari ini menandai peringatan 30 tahun konvensi PBB”, jelasnya.

Peringatan tahun ini, kata Safiun,  digelar di Arab Saudi sebagai tuan rumah. Restorasi lahan menjadi pilar utama Dekade Restorasi Ekosistem PBB (2020-2030) yang menjadi seruan untuk perlindungan dan kebangkitan ekosistem diseluruh dunia.

“Yang sangat penting untuk mencapai Sustainable Development Goal atau SDG. Kegiatan ini sesuai arahan menteri untuk membersihkan aliran sungai, penanaman pohon dan atau mangrove, serta pembersihan pesisir pasir”, pungkas Safiun.

Safiun menambahkan presidensi G20 telah menghasilkan adopsi Global Land Restoration Initiative yang sangat penting mengingat bahwa dunia menghadapi triple planetary crisis yang semakin intens yakni, krisis perubahan iklim, krisis kerusakan alam dan kehilangan biodiversitas, serta krisis polusi dan limbah.

-- --

“Pemulihan lingkungan merupakan kunci dalam membalikkan arus degradasi lahan, dan dapat sekaligus meningkatkan mata pencaharian, mengurangi kemiskinan, dan membangun ketahanan terhadap cuaca ekstrem”, imbuhnya.

Pemulihan juga meningkatkan penyimpanan karbon dan memperlambat proses ataupun dampak akibat perubahan iklim. Pemulihan dari degradasi lahan sangat penting, lahan menjadi ruang hidup manusia, menyediakan makanan, pakaian, dan tempat perlindungan.

Ariana Aira
Editor
Mimbar Timur
Publikasi