Mimbartimur.com  menyerahkan hadiah utama lomba Tilawatil Qur'an () ke-30 tingkat kabupaten. Lomba tersebut dimenangkan utusan kecamatan Bacan sebagai juara satu dengan predikat berjumlah 58 point.

“Saya ucapkan selamat atas prestasi yang dicapai para pemenang di ajang musabaqah ini, jadikan kemenangan ini sebagai motivasi dalam meningkatkan kemampuan untuk menghadapi lomba berikutnya”, kata Bassam usai menyerahkan hadiah pada Kamis (08/03).

Menurutnya, MTQ merupakan festival keagamaan Islam yang diadakan untuk mengagungkan Al-Qur'an. Peserta yang berlomba mengaji menggunakan Qira'at yang secara konseptual mempelajari seni membaca Al-Qur'an.

“Sesuai catatan sejarah kegiatan musabaqah mulanya dilakukan sejak tahun 1940 yang ditandai dengan berdirinya Jami;iyyatul Qurro wal Huffadz. Seiring perkambgan Islam, banyak yang dilombakan dalam kegiatan tahunan ini”, pungkasnya.

Bassam menjelaskan selain tilawah yang dilombakan ada juga tahfizh, fahmil, syahril, khattil maupun karya tulis ilmiah Al-Qur'an. Bassam menyebut MTQ menjadi metode sekaligus media dakwah yang sangat efektif dalam mamasyarakatkan Al-Qur'an di Indonesia.

“Bahkan menjadi katalisator kerukunan hidup antar dan intern umat beragama. Tahun ini penyelenggaraan yang ke-30 setelah pertama kali digelar di Makassar pada tahun 1968, saat itu hanya melembagakan tilawa dewasa namun sekarang bisa diikuti semua kalangan”, jelasnya.

Lebih lanjut, Bassam mengatakan Pemkab akan mengambil bagian penuh dalam melaksanakan MTQ guna mencetak generasi Halmahera Selatan unggul dan berakhlak mulia terutama meningkatkan pengetahuan dibidan keagamaan.

-- --

“Tahun ini kegiatan MTQ sukses diselenggarakan dengan puluhan kategori mata lomba, semoga kedepan lebih banyak yang dapat dilombakan. Bagi peserta yang belum berkesempatan menang dalam lomba ini terus belajar untuk lebih baik kedepan”, pungkasnya.

Perlu diketahui, penyerahan hadiah utama MTQ ke-30 Halmahera Selatan didampingi Forkopimda, Ketua Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur'an, Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama dan Kesultanan Bacan.

Redaksi MimbarTimur
Editor
Mimbar Timur
Publikasi