Mimbartimur.c0m – Pemerintah mendapatkan insentsif fisikal berupa dana intensif daerah () sebagai ‘hadiah' karena dinilai mampu mengendalikan inflasi daerah selama tahun berjalan.

Penyerahan penghargaan itu diterima oleh Bupati Halmahera Selatan, Usman Sidik di Kantor Kementerian dalam negeri (Kemendagri) Jakarta pada, Senin (31/07/23).

, mengungkapkan bahwa setiap tahunnya sebanyak 45 daerah yang diusulkan mendapatkan DID atas capainnya dalam mengendalikan inflasi.

“Pemberian ini sebagai sinyal dan penghargaan kepada daerah yang mempu mengendalikan harga sehingga lebih rendah dari nasional”, ujar Sri Mulyani dalam acara penyerahan insentif fiskal kinerja pengendalian inflasi daerah pada, Senin (31/07/23).

Lebih lanjut, Sri Mulyani meminta kepada setiap kepala daerah penerima intensif fisikal dapat meningkatkan kinerjanya baik dalam menuntaskan persoalan stunting, maupun penghapusan kemiskinan ekstrim.

“Penurunan stuntung, peningkatan penggunaan produk dalam negri, penurunan angka kemiskinan ekstrim, dan peningkatan investasi serta percepatan belanja daerah jadi PR yang harus diselesaikan”, pungkasnya.

Sementara Bupati Halmahera Selatan, Usman Sidik mengatakan penghargaan yang diperoleh berkat kerjsama semua pihak dalam pemerintahan sehingga menjadi salah satu dari 30 daerah yang masuk penerima DID tahun berjalan.

-- --

“Iyah, jadi satu kebanggan bagi daerah. Tentu ini menjadi spirit bagi Pemda untuk terus meningkatkan kinerjanya, terutama dalam pengendalian inflasi”, katanya usai menerima penghargaan yang diserahkan Menkeu Sri Mulyani.

Menurutnya, komitmen mengendalikan inflasi di Halmahera Selatan akan terus digenjot sebagai daya tawar bagi pemerintah pusat.

Redaksi MimbarTimur
Editor
Mimbar Timur
Publikasi