Mimbartimur.com yang menjadi satu dari berbagai besar yang biasa digelar di kabupaten Bantul.

Festival Klangenan Bantul ini mengusung sejumlah warisan budaya khas Bantul yang meliputi kesenian trasdisional, makanan tradisional, dan berbagai macam barang-barang klangenan dari masa lampau.

Festival Klangenan Bantul berlangsung berawal dari tanggal 26 April 2023 hingga tanggal 30 April 2023 yang berlangsung di Pasar Seni Gabusan Jl. Parangtritis, Balong, Timbulharjo, Sewon, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Dalam , Klangenan sering dipahami sebagai kebahagiaan yang berhubungan dengan kenangan masa lalu, sedangkan dalam Kamus Besar Bahasa Jawa Klangenan adalah sesuatu yang menjadi kesenangan (kegemaran, kesukaan).

Untuk menghadirkan suasana menyenangkan di masa lalu, akan dipastikan bahwa muatan Festival Klangenan Bantul adalah berbagai hal yang bernuansa klangenan.

Barang-barang klangenan yang hadir seperti, hasil kerajinan tangan, antikan, sarana permainan anak, dan lain-lain serta makanan/jajanan tempo dulu antara lain: gudeg, jenang gempol, wedang uwuh dan lain-lain sejenisnya.

Barang-barang klangenan tersebut sering kali mempunyai nilai estetika atau nilai sejarah yang tinggi serta mempunyai nilai ekonomi yang tinggi sehingga dapat dijadikan sarana penggerak roda perekonomian bagi UKM, menarik minat dan antusiasme masyarakat.

-- --

Selain menjadi wadah bagi UKM, Festival Klangenan Bantul dapat menjadi sarana nostalgia bagi masyarakat untuk mengenang kembali masa lalu yang menyenangkan.

Terutama mengenang kembali barang-barang maupun makanan/jajanan tempo dulu. Aktualisasi masa lalu yang menyenangkan yang dikemas dalam bentuk festival juga dapat dijadikan sebagai proses pewarisan budaya.

Azzahra
Editor
Mimbar Timur
Publikasi