Mimbartimur.com – Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Ternate menggelar Goes to School di pada, Senin (21/08/23). Kegiatan ini mengusung tema ‘Wujudkan Generasi Emas yang Sadar Akan Hukum'.

Kabid Hukum dan HAM, Ramli Guret mengatakan kegiatan yang digear pihaknya di SMA Negeri 5 Kota Ternate untuk memberikan pemahaman pentingnya kesadaran hukum, khususnya di Maluku Utara.

“Sifatnya sosialisasi penting kesadaran hukum, terutama mengajak para siswa-siswi untuk menghindari perkawinan dibawah umur dan kenakalan remaja”, kata Ramli kepada Mimbartimur.com, Senin (21/08).

Menurutnya, pencegahan perlu dilakukan sedini mungkin untuk menekan angka kasus. Berdasarkan data , angka perkawinan di Maluku Utara terbilang masih tinggi yakni 14,36 persen, melebihi angka nasional yakni 10,82 persen.

“Banyak faktor, apalagi di zaman sekarang perkembangan teknologi yang begitu pesat. Tentu ini jadi ancaman serius yang harus dicegah sedini mugkin”, pungkasnya.

Lebih lanjut, Ramli menjelaskan, kenakalan remaja hingga konsumsi minuman keras sangat kian marak dikalangan ramaja saat ini. Terutama siswa yang jauh dari pengawasan orang tua.

“Nyaris setiap hari siswa diamankan petugas karena kedapatan menghisap lem. Perilaku remaja itu masih rentan terhadap kejahatan sehingga perlu pembinaan dan pengawasan ketat”, jelasnya.

-- --

Selain itu, kata Ramli, pihaknya juga mensosialisasikan HMI sebagai organisasi keislaman yang terus berkembang di Maluku Utara.

Sementara Bidang Kesiswaan SMA Negeri 5 Kota Ternate menyampaikan bahwa kegiatan HMI Goes to School memberikan manfaat bagi siswanya.

Redaksi MimbarTimur
Editor
Mimbar Timur
Publikasi