Mimbartimur.com – Federation Internationale de Football Associate (FIFA) resmi membatalkan secara resmi mencabut status Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 2023.

“Karena situasi saat ini, FIFA memutuskan, membatlkan Indonesia sebagai  tuan rumah Piala Dunia U-20 2023“, bunyi keterangan FIFA dalam laman resminya.

Keputusan tersebut usai pertemuan ketua umum Persatuan Sepak Seluruh Indonesia (PSSI), Erick Thohir dengan presiden FIFA, Gianni Infantino di Doha, Qatar pada, Rabu (29/3/23).

Ketum PSSI, Erick Thohir menyatakan sudah berjuang maksimal untuk mempertahankan Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 2023 buntut penolakan kehadiran Timnas Israel U-20 di tanah air.

Namun, posisi Indonesia yang menjadi salah satu anggota FIFA, menurut Erick Thohir harus tunduk pada kewenangan dan keputusan yang diberikan FIFA dengan membatalkan ajang sepakbola nomor dua bergengsi itu di Indonesia.

“Saya sudah berjuang maksimal. Setelah menyampaikan surat dari Presiden Jokowi, dan berbicara panjang dengan Presiden FIFA, , kita harus menerima keputusan FIFA yang membatalkan penyelenggaraan event yang kita sama-sama nantikan itu”, ujar Erick Thohir dari Doha, Qatar.

Erick menjelaskan keputusan FIFA tidak dapat ditolak sebagai lembaga tertinggi sepak bola dunia dengan ratusan anggota dari berbagai dunia.

-- --

“Keputusan merupakan kewenangan FIFA sebagai lembaga tertinggi sepak bola dunia dengan 211 anggota dari berbagai belahan dunia, tidak bisa ditolak lagi”, ujarnya.

Lebih lanjut, kata Erick Thohir, dari ratusan anggota FIFA, Indonesia termasuk salah satunya sehingga harus tunduk dan patut terhadap aturan yang sudah ditetapkan.

Haerudin Muhammad
Editor
Mimbar Timur
Publikasi