Mimbartimur.com adalah ekstraksi mekanis atau manual dari endapan mineral berharga dan bernilai ekonomi dari kerak bumi di permukaan, di bawah permukaan, dan di bawah permukaan air.

Penambangan dilakukan karena adanya kebutuhan bahan yang digunakan untuk memenuhi kebutuhan hidup manusia sehari-hari.

Misalnya penambangan yang dilakukan untuk memperoleh minyak bumi sebagai bahan bakar untuk kendaraan, gas alam juga sebagai bahan bakar untuk memasak, aluminium untuk membuat berbagai peralatan rumah tangga, dan sebagainya

Pada artikel dibawah ini akan membahas tentang pemilihan metode penambangan yang tepat untuk pengambilan matrial berharga (cadangan).

Dilihat dari lokasi, jelas untuk penambangan didaratan dengan dilautan pastinya dibedakan dari wilayahnya, namun pada pembahasan ini hanya akan lebih fokus pada pemilihan sistem tambang terbuka (surface minig) dan tambang bawah tanah (underground mining).

Pemilihan sistem penambangan didasarkan pada keuntungan terbesar yang akan diproleh, pastinya pemilihan sistem ini ataupun yang namanya setiap orang usaha pastilah mengharapkan keuntungan.

Pada awalnya pemilihan Sistem penambangan didasarkan pada letak endapan relative terhadap permukaan dangkal atau dalam. Selain dititik beratkan pada keuntungan terbesar dari suatu metode.

-- --

Ada beberapa factor yang mempengaruhi jenis atau tiype pemilihan sistem penambangan seperti, Factor Keselamatan, Factor Teknologi, dan Faktor Ekonomi.

Aturan dari eksplorasi tambang adalah memilih suatu sistem yang paling sesuai dengan katakteristik alam, geologi dan lingkungan dari deposit mineral (Morison & Russel 1973).

Mimbar Timur
Publikasi