Mimbartimur.com – Pertambangan adalah suatu kegiatan pengambilan endapan bahan galian berharga dan bernilai ekonomis dari dalam kulit , baik secara mekanis maupun manual, pada permukaan bumi, di bawah permukaan bumi dan di bawah permukaan air.

Sistem yang digunakan dalam pertambangan ada tiga untuk proses . Pertama, surface mining atau permukaan. Kedua, underground mining atau metode tambang bawah tanah. Dan terakhir underwater mining/marine mining atau tambang bawah air.

Di dunia pertambangan, penggunaan ketiganya tidak boleh sembarangan dan sangat dipengaruhi oleh karakteristik cebakan mineral.

Namun, pembahasan ini hanya terfokus pada Sistem tambang terbuka dan sistem tambang bawah tanah. Berikut ini beberapa dapat disimak beberapa metode pada sistem penambangan.

Sistem Tambang Terbuka

Metode pada sistem penambangan tambang terbuka berhubungan langsung dengan udara luar, dengan kata lain tidak dilakukan di bawah tanah. Metode ini dibagi lagi menjadi beberapa jenis, yaitu:

Open Pit, penggalian dilakukan dari permukaan yang datar menuju area bawah tempat endapan berada. Siklus operasi penambangannya adalah pemecahan batuan, penanganan material penggalian, serta pemuatan dan pengangkutan.

-- --

Quarry, penerapan metode kuari biasanya untuk menambang endapan-endapan bahan galian industri. Metode kuari dibagi lagi menjadi 2 golongan berdasarkan letak bahan galian.

Pertama, side hill type untuk menambang endapan mineral industri di lereng bukit. Kedua, pit type untuk menambang endapan mineral industri pada dataran.

Mimbar Timur
Publikasi