Mimbartimur.com – Ketua Dewan Perwakilan Cabang (DPC) I Asosiasi Pemerintah Seluruh Indonesia () Badi Ismail dilengserkan dari jabatannya pada, Sabtu (15/4/23).

Badi Ismail dilengserkan sebagai Ketua DPC I APDESI dipenghujung acara ‘Sosialisasi Sadar Hukum' yang diselenggarakan Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Jumat 14 April 2023 lalu.

Hal tersebut dibenarkan Ketua Panitia Sosialisasi Sadar Hukum, Eli Saleh saat dikonfirmasi mimbarTimur.com. Ia mengaku Ketua DPC I Halmahera Selatan dilakukan melalui petisi.

“Pemakzulan ini dilakukan tanpa membentuk panitia musyawarah, dilakukan secara spontan dipunghujung acara”, kata Eli ditemui di Aula Kantor Bupati, Karet Putih, Halmahera Selatan dini hari.

Eli mengaku, pemakzulan tersebut tidak termasuk bagian dari rangkaian kegiatan yang digelar DPMD Halmahera Selatan selama dua hari ini.

“Melalui petisi dari 160 kepala desa yang mengikuti acara. Badi Ismail pun dilengserkan dan digantikan dengan Iswandi Ishak”, jelasnya.

Lebh lanjut, Eli menjelaskan usai pemakzulan dan memilih ketua baru melalui petisi. Nama Iswan kemudian disampaikan ke DPD I Provinsi Maluku Utara.

-- --

“Melalui petisi, Iswandi Ishak terpilih secara aklmasi. Dan itu sudah dianggap sah karena sudah ada SK ketua baru dari Provinsi”, pungkas Eli.

Terpisah, Badi Ismail kepada mimbarTimur menyebut pemakzulan dirinya sebagai Ketua DPC I APDESI Halmahera Selatan tidak sesuai prosedur sehingga cacat hukum.

Redaksi MimbarTimur
Editor
Mimbar Timur
Publikasi