Mimbartimur.com – Direktorat Jenderal (Ditjen) Balai Prasarana Permukiman Wilayah () menggelar Forum Group Discussion () terkait Sistem Penyediaan Air Minum () di kota baru .

Kegiatan tersebut digelar bersama pemerintah di Aula Gedung Sultan Nuku, Kantor Walikota Tidore pada, Kamis (27/07/2023).

Direktur Air Mineral Ditje Cipta Karya Kementerian , Anang Mukhlis mengatakan pemenuhan sarana pemukiman dasar di kawasan kota baru merupakan major project sesuai RPJMN tahun 2020-2024.

“Upaya pengembangan dan perluasan jaringan SPAM mengalami hambatan karena lembaga pengelola belum menempati kawasan Kota Sofifi secara defenitif”, ujar Anang dalam kegiatan FGD.

Menurutnya, belum beroperasinya sejumlah infrastruktur SPAM yang dibangun sebelumnya karena masalah kelembagaan sehingga tidak dapat dikelola secara maksimal.

“Sudah ada pendampingan untuk menentukan dan penguatan kelembagaan SPAM Kota Sofifi namun masih mengalami kendala”, pungkas Anang Mukhlis.

Anang mengaku pihak kementerian PUPRS sangat prihatin terkait sejumlah infrastruktur yang belum dapat beroperasi secara maksimal.

-- --

“Kami sangat prihatin karena infrastruktur seharusnya sudah difungsikan untuk masyarakat, namun belum beroperasi dengan maksimal”, pungkasnya

Lebih lanjut, menjelaskan pelaksanaan FGD ini sebagai upaya mencari solusi untuk menjawab permasalahan SPAM di Kota Sofifi melalui kesepakatan bersama antara Pemprov Maluku Utara dan Pemkot Tidore.

Redaksi MimbarTimur
Editor
Mimbar Timur
Publikasi