Mimbartimurcom РBadan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Halmahera Selatan menyalurkan bagi korban terdampak banjir sejumlah lokasi di Kecamatan Gane Timur. Bantuan tersebut merupakan respon cepat pemerintah.

“Pemerintah merespon cepat dengan menyalurkan 400 paket sembako bagi warga yang terdampak bencana alam. Logistik itu diselurkan untuk membantu semua yang terdampak”, kata Kabid Kedaruratan dan Logistik , Sugiarto Wahab kepada mimbartimurcom, Rabu (26/06).

Menurutnya, ratusan paket logistik yang didistribusi sebagai upaya pemerintah Halmahera Selatan dalam merespon setiap bencana yang dialami masyarakat. Sugiarto menyebut banjir yang terjadi merupakan bencana alam yang harus mendapat perhatian serius.

“Kami langsung kerahkan dua unit mobil untuk pendistribusian logitik ke lokasi terdampak. Ratusan bantuan itu ditampung ke sentra terpadu di Gane sejak Senin lalu dan dipastikan tiba pada Selasa kemarin”, pungkasnya.

Sugiarto menjelaskan 400 paket bantuan itu siap saji untuk mempermudah . Baginya, dengan makanan siap saji tidak menyulitkan warga dilokasi karena tempat tinggal teredam air akibat .

“Isi paket itu bermacam-macam, mulai dari gula, teh, kopi, minyak goreng, indomie, mineral maupun bahan pokok lainnya. Bahkan ada juga sejumlah tenda yang didistribusi, banyak 20 unit semuanya sudah mulai disalurkan”, jelasnya.

Lebih lanjut, Sugiarto menuturkan bantuan dampak banjir juga berupa tenda portabel sebanyak lima unit. Tim reaksi, lanjutnya saat ini lakukan monitoring dilokasi untuk menghimpun setiap kebutuhan korban banjir.

-- --

“Bantuan makan siap saji beserta obat-obatan itu sekalian disalurkan. Personil juga dikerahkan untuk membantu evakuasi korban bencana yang terjadi di delapan desa. Tim reaksi sudah dilokasi sejak sehari setelah kejadian”, imbuhnya.

***

Ariana Aira
Editor
Mimbar Timur
Publikasi