Mimbartimur.com  melepas 194 calon kloter ketiga belas ambarkasi Makassar. Ratusan jemaah haji ini dijadwalkan berangkat pada 19 Mei 2024 mendatang.

“Iyah benar, hari ini kami telah melepas rombongan kloter tiga belas. Pelapasan telah dilakukan dan diberangkatkan dari pelabuhan Labuha menuju Kota Ternate”, kata Bassam kepada mimbartimurcom usai resmi melepas rombongan jemaah haji secara simbolis, Selasa (14/05).

Bassam meminta seluruh calon jemaah haji untuk menjaga kesehatan selama menunggu keberangkatan ke ambarkasi Makassar. Bassam mendoakan para jemaah selalu dipermudah dalam melaksanakan perjalanan hingga ke tanah suci.

“Tetap menjaga kesehatan selama di Asrama Haji Kota Ternate, tenangkan pikiran agar perjalanan ibadah ini lancar. Kami akan terus memantau setiap kondisi para jemaah hingga keberangkatan ke tanah suci”, pungkasnya.

Sementara Ketua Panitia, Juhari S Tawari menyampaikan 194 calon jemaah haji yang diberangkatkan dari pelabuhan Labuha, telah melalui pemeriksaan kesehatan. Ia memastikan kesehatan para rombongan dalam keadaan baik.

“Semua tahapan sudah dilalui baik administrasi hingga pada pemeriksaan kesehatan. Semoga rencana keberangkatan tidak ada kendala dan para calon jemaah haji ini dapat melangsungkan ibadah haji dengan lancar”, ujar Juhari saat ditemui mimbartimurcom diruang kerjanya.

Juhari menjelaskan rombongan calon jemaah haji kloter tigas belas ini akan diberangkatkan ke ambrakasi Makassar pada 20 Juni 2024 mendatang paska melalui tahapan pemeriksaan lanjutan di Kota Ternate.

-- --

“Musim haji tahun 1445 Hijiriyah ini siap diberangkatkan. Untuk perjalanan selanjutnya ke Kota Makassar di Juni mendatang. Kami bersama pemerintah Halmahera Selatan tetap monitoring hingga sampai tanah suci”, jelasnya.

Lebih lanjut, Juhari menyebut ratusan calon jemaah haji itu terdiri dari 103 jemaah perempuan dan 91 jemaah laki-laki. Terkait jemaah lanjut usia, katanya, sebanyak empat orang yang masuk kategori pendampingan.